4 Cara Install Ngrok Di Termux Android Terbaru




Hallo teman-teman berjumpa kembali bersama saya disini. Dalam postingan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai 4 cara install ngrok di termux android terbaru. Yuk simak artikel berikut ini.

Apa Itu Ngrok?

Ngrok adalah suatu program yang bisa kita gunakan untuk membuat suatu jaringan lokal agar bisa diakses oleh jaringan internet publik. Misalnya jika kita membuat suatu jaringan lokalhost di perangkat kita, maka jaringan tersebut bisa diakses oleh jaringan internet di perangkat lain.

Dalam dunia programming, ngrok ini sangat berguna sekali untuk melakukan banyak hal, contohnya seperti melakukan pengujian web, membuat jaringan private, sharing file dan lain-lain.

Jadi jaringan ngrok ini tidak hanya bisa diakses di perangkat kita saja, tapi publik.

Kegunaan Ngrok 

Seperti yang dijelaskan diatas, banyak kegunaan atau fungsi dari ngrok ini. Selengkapnya tentang kegunaan atau fungsi ngrok silahkan baca berikut ini.

1. Membuat jaringan private
Dengan membuat jaringan private kita bisa menjalankan layanan seperti personal cloud, webmail dan masih banyak lagi.

2. Berbagi file
Kita juga bisa saling berbagi file dari perangkat kita kr perangkat yang lain melalui jaringan ngrok. Tentunya itu akan sangat membantu meringankan pekerjaan kita.

3. Melakukan pengujian web
Setelah suatu web telah dibuat maka kita harus mengujinya terlebih dahulu untuk memastikan apakah web tersebut memiliki error atau tidak. Kita bisa menggunakan ngrok ini untuk melakukan pengujian web di desktop atau pun di perangkat mobile.

4. Membuat remote desktop
Ngrok juga bisa digunakan untuk remote desktop. Hal ini juga akan mempermudah pekerjaan kita.




5. Menampilkan contoh website yang dibuat
Untuk memberikan contoh website yang telah dibuat (demo) kita bisa menggunakan jaringan ngrok. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hosting, domain dan lain-lain.

Cara Install Ngrok Di Termux 

Setelah memahami penjelasan diatas, sekarang saatnya kita melakukan penginstallan ngrok. Tapi disini saya akan menginstallnya di termux. Jadi jika kamu belum memiliki aplikasi Termux, silahkan cari dan install aplikasinya di google playstore. Berikut cara install ngrok di termux.

1. Buka aplikasi Termux, kemudian update dan upgrade package dengan cara mengetikan perintah berikut

pkg update && pkg upgrade

Jangan lupa sebelum menekan enter, aktifkan koneksi internet di perangkat yang kita gunakan.

2. Setelah itu install curl dengan mengetikan perintah berikut

pkg install curl

3. Kemudian salin dan paste perintah dibawah ini ke termux. Jangan lupa tekan enter

curl -S https://bin.equinox.io/c/4VmDzA7iaHb/ngrok-stable-linux-arm.zip --output ngrok-stable-linux-arm.zip


Cepat atau tidak prosesnya tergantung pada jaringan internet yang kita miliki. Direkomendasikan menggunakan wifi.

4. Terakhir, ketikan perintah berikut

unzip ngrok-stable-linux-arm.zip

Cara Daftar Akun Ngrok

Agar kita bisa menggunakan ngrok maka kita harus memiliki akun ngrok terlebih dahulu. Jika kita tidak memilikinya, kita bisa daftar akun ngrok. Berikut cara daftar akun ngrok terbaru.

1. Buka browser dan masuk ke link ini https://dashboard.ngrok.com/signup.

2. Disana kita akan diminta untuk memasukan Nama, Email, Password dan selesaikan juga captchanya. Jika sudah, tekan tombol Create an account. Kita juga bisa mendaftarkan akun ngrok menggunakan akun Github dan Google.


3. Setelah itu kita akan langsung login dan diarahkan ke halaman dashboard ngrok dalam akun kita.

4. Dalam halaman tersebut salin perintah dan token yang kita dapatkan dalam kotak Connect your account. Contoh tokennya adalah sebagai berikut

./ngrok authtoken 1XWZYvyVGy1gPku61WzESlTgDdh_3vBTBpCJJXSmH5u4AMR22


5. Kemudian buka Termux dan pastekan token seperti diatas, maka token tersebut akan tersimpan di Termux.




Cara Menggunakan Ngrok Di Termux

Jika semua langkah diatas sudah kita lakukan dengan benar maka langkah selanjutnya yaitu cara menggunakan ngrok di termux, ketikan perintah berikut di termux

./ngrok http 80 

Perintah diatas akan menjalankan ngrok di temux. Kita bisa mengatur port sesuai keinginan kita. Kemudian untuk menampilkan bantuan atau daftar perintah ngrok, ketikan berikut

./ngrok -h

Jika kita ingin menggunakan TCP, ketikan perintah berikut

./ngrok tcp 8080 

Jika kita ingin mengecek apakah ngrok sudah benar-benar berjalan (online) maka kita bisa buka browser dan masuk ke alamat url

localhost:4040

Dalam url diatas akan menampilkan web ngrok yang berarti status online atau berhasil dijalankan.


CATATAN
Jika dalam termux status ngrok reconnecting, maka kita bisa mengaktifkan VPN atau hotspot di perangkat yang sedang kita gunakan.


Nah, itulah 4 cara install Ngrok di Termux android terbaru. Jika ada beberapa error atau kesalahan silahkan berikan komentar kamu dibawah postingan ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Copyright © 2019 - 2020 NgotakDikitNesia All Rights Reserved.