10 Tips Membeli Iphone Bekas (Second) Aman Agar Tidak Tertipu



iPhone merupakan perangkat yang diimpikan bagi semua orang karena perangkat tersebut memiliki berbagai macam fitur yang unggul, desain yang keren, aplikasi yang selalu update bahkan kameranya pun sangat jernih.

Sesuai dengan kelebihannya, iPhone memiliki harga yang sangat mahal. Wajar saja kalau banyak orang yang membeli iPhone bekas atau second karena pasti harganya lebih murah.

Tapi kita juga harus berhati-hati saat membeli iPhone bekas. Tidak semuanya mulus dan aman seperti yang kita inginkan.

Maka dari itu sebelum kita membeli iPhone bekas, kita harus mengetahui beberapa hal penting.

Berikut ini adalah 10 tips membeli iPhone bekas atau second yang aman agar tidak tertipu.

Cek kelengkapannya
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kelengkapannya. Cek kelengkapan ini berguna untuk mengetahui apa saja unit bawaan yang ada.

Untuk cara mengeceknya bisa kamu cari dan lihat di situs resmi Apple atau di forum sosial media.

Mengecek serial number
Mengecek serial number sangatlah penting gunanya agar kamu tidak tertipu dengan iPhone asli dan yang palsu. Kalau untuk serial number iPhone yang asli pasti terdaftar.

Cek garansi
Kamu juga harus mengecek garansi karena agar nantinya kalau ada kerusakan atau aksesoris yang ingin kamu beli tidak menyusahkan. Cari tahu apakah iPhone tersebut memiliki garansi dalam negeri atau international seperti US dan Singapura.

Mengecek icloud
Cek juga icloud dan pastikan tidak terkunci. Kalau masih terkunci kamu bisa meminta untuk mengosongkan icloud. Untuk cara mengecek icloud tinggal masuk menu Settings > iCloud.

Cek kondisi
Jangan hanya tertarik dengan kondisi yang baik saja. Ceklah kondisi iPhone barang kali ada kerusakan yang tidak kamu ketahui karena sangat sulit mengganti unit yang rusak dengan yang ori kecuali dengan non original.

Mengecek baterai
Pastikan baterai iPhone belum pernah diganti. Kalau baterai tersebut sudah pernah diganti, maka sudah jelas bahwa iPhone tersebut sangat mengkhawatirkan kalau kamu membelinya.

Mengecek touch screen
Cek juga touch screen iPhone. Kamu bisa mengeceknya menggunakan aplikasi kalkulator dan tampilan landscape. Pastikan seluruh sudut layar masih lancar.

Mengecek koneksi
Jangan lupa juga untuk mengecek koneksi seperti wifi, bluetooth dan lainnya. Pastikan semua itu masih berjalan dalam keadaan normal dan lancar.

Mengecek kamera
Hasil kamera pada iPhone yang ori akan lebih jernih dari pada iPhone palsu. Kamu harus mengetahui ini karena tentunya kamu tidak mau kecewakan?.

Apa lagi kalau kamu seorang yang hobi selfie, pastinya tidak ingin melewati tips ini.

Mengecek ambient light sensor
Sensor ini berfungsi meredupkan atau mematikan layar saat kamu berada dalam lingkungan yang gelap. Gunakanlah tangan kamu untuk menutupi sepertiga layar iPhone.

Setelah itu tekan mode sleep dan kemudian hidupkan kembali. Kalau masih normal layar akan lebih redup.

Demikian 10 tips membeli iPhone bekas atau second yang aman agar tidak tertipu.

Yang perlu di ingat, jangan hanya tertarik dengan penampilannya saja yang bagus, cek juga unit di dalamnya.

Artikel Terkait

SUBSCRIBE

Dapatkan update artikel gratis setiap hari melalui email.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Copyright © 2019 - 2020 NgotakDikitNesia All Rights Reserved.