Kamu Seorang Gitaris? Ketahui Fungsi Capo Gitar Berikut Ini

Kamu Seorang Gitaris? Ketahui Fungsi Capo Gitar Berikut Ini

Pernahkah kamu melihat seseorang yang sedang bermain gitar dengan menggunakan sebuah besi yang dijepitkan di fret gitar, ya itulah Capo Gitar. Alat tersebut sangat berguna dan bermanfaat sekali untuk membuat nada improvisasi.

Mungkin bagi pemula heran ya alat tersebut fungsinya untuk apa. Bahkan kebanyakan pemula pasti tidak tahu nama alat tersebut. Tapi tidak masalah karena kita masih pemula maka wajar kalau tidak tahu.

Namun bagi yang belum tahu apa itu capo gitar, fungsi capo gitar, kegunaan capo gitar dan tipe capo gitar. Berikut ini akan saya bahas tentang hal tersebut. Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Apa Itu Capo Gitar

Capo Gitar adalah sebuah alat yang sering digunakan oleh para gitaris untuk menaikan nada atau merendahkan nada agar bisa dimainkan dengan mudah dan nyaman.

Tentunya dengan menggunakan Capo Gitar akan memudahkan para gitaris memainkan nada tinggi atau nada rendah tanpa harus bolak-balik menyetem senar gitar.

Capo Gitar menjepit semua senar, mulai dari senar nomor 1 sampai 6 sehingga nada bisa ditinggikan dengan mudah.

Capo Gitar bisa kita beli di toko gitar. Harganya kisaran antara 20 ribu sampai 200 ribu. Dalam situs belanja online juga banyak yang menjual capo gitar dengan harga murah.

Fungsi Capo Gitar

Banyak sekali fungsi dari Capo Gitar, diantaranya yaitu menaikan nada dan menyetem senar gitar. Berikut ini saya jelaskan 2 fungsi Capo gitar.

1. Menaikan Nada 
Untuk menaikan nada menggunakan capo gitar, kita hanya perlu menjepitkan capo gitar ke fret yang kita inginkan. Misalnya kita jepitkan di fret yang pertama atau fret yang paling lebar maka untuk memainkannya sama seperti tidak menggunakan capo gitar.

Setelah capo gitar dijepitkan, anggap saja capo gitar itu adalah batas sebuah fret. Jadi bunyi nada juga akan semakin tinggi.

2. Menyetem Nada Normal
Capo Gitar juga bisa kita gunakan untuk menyetem nada normal pada sebuah gitar. Seperti yang diketahui bahwa tidak semua gitar bisa kuat saat di stem ke nada normal. Bahkan ada senar gitar yang putus saat di stem ke nada normal.

Tentunya masalah ini bisa kita selesaikan dengan mudah. Kita hanya membutuhkan capo gitar untuk menyetem senar gitar ke nada normal (bagi yang gitarnya tidak kuat) dengan cara menjepitkan capo gitar ke sebuah fret.

3. Menyetem Gitar Falls
Fungsi Capo Gitar bukan hanya untuk menjepit dan menaikan nada saja tapi kita juga bisa menyetem senar gitar yang bunyinya falls.

Tipe Capo Gitar

Capo Gitar memiliki 2 tipe yang sama namun berbeda-beda. Hanya saja tipe yang kedua ada sebuah alat tambahan khusus yang juga sangat berguna. Berikut ini adalah tipe capo gitar.

1. Capo Standar
Pada umumnya, tipe capo gitar standar adalah yang sering kita lihat. Tipe ini hanya bisa kita gunakan untuk menaikan nada saja agar lebih mudah dimainkan.

2. Capo Tunner
Dalam tipe capo gitar tunner ini, kita bisa menyetem gitar karena ada sebuah alat tambahan yang menyatu yang bisa kita gunakan untuk menyetem gitar.

Angka-angka atau batas stem juga terlihat, sehingga kita bisa dengan mudah menyetem gitar dengan melihat batasnya, apakah sudah berbunyi normal atau masih falls. Contohnya bisa lihat gambar dibawah ini.

Kamu Seorang Gitaris? Ketahui Fungsi Capo Gitar Berikut Ini

Cara menggunakan capo tunner juga sama seperti capo standar yaitu dijepitkan. Namun saat kita menggunakan capo tunner untuk menyetem gitar, maka kita harus menjepitkan capo tunner di kepala gitar jangan di senar gitar (fret).

Nah, dengan memahami apa itu capo gitar, fungsi capo gitar, kegunaan capo gitar dan tipe capo gitar, semoga bisa menambah pengetahuan kamu tentang gitar. Semoga bermanfaat.
Dimas Yoga Maulana
Seorang yang selalu ingin berbagi pengetahuan

Postingan Terkait

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Terbaru Setiap Hari Via Email:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang dikirimkan ke email Anda!