Ternyata Ini Pengertian Domain Dan Subdomain

Ternyata Ini Pengertian Domain Dan Subdomain

Sudah sangat banyak domain yang digunakan untuk kebutuhan website. Kalau kamu lihat-lihat situs di google banyak yang menggunakan domain, contoh domain com, net, id dan lainnya.

Maka dari itu pada postingan kali ini saya akan menjelaskan pengertian domain dan subdomain. Tujuannya untuk memberi pengetahuan pada kamu yang mencari informasi tersebut.

Untuk membuka suatu situs sebenarnya menggunakan alamat ip, namun perlahan digantikan menjadi domain. Domain ini yang membuat situs-situs terlihat keren dan profesional.

Ada banyak domain yang gratis maupun berbayar. Domain berbayar bisa kamu dapatkan melalui situs resmi penyedia domain dan tentu harganya berbeda-beda untuk setiap domain.

Apa Itu Domain?

Domain adalah url situs yang bisa kamu temui di google pencarian. Kalau situs kamu memiliki domain namadomain.com maka untuk membuka situs kamu menggunakan nama domain tersebut.

Terkadang banyak juga orang-orang yang menggunakan domain gratis dan ada juga orang-orang yang menggunakan domain berbayar.

Untuk bisa memiliki domain yang berbayar, kamu bisa mendaftarkannya di situs resmi penyedia domain yang memberi jangkau waktu aktif domain tersebut, mulai dari 1 tahun bahkan sampai 10 tahun.

Domain gratis itu seperti blogspot.com atau wordpress.com yang merupakan domain yang dihosting.

Apa Itu Subdomain?

Subdomain adalah domain tambahan, misalnya kalau situs kamu memiliki nama domain seperti namadomain.com maka kamu bisa menambahkan subdomain kamu di awalan.

Maka domain kamu akan menjadi ini.namadomain.com.

Untuk menambahkan subdomain di awalan domain, kamu hanya perlu mensettingnya saja. Jadi untuk subdomain lebih tepatnya kamu bisa membuatnya sendiri dalam pengaturan domain yang kamu dapatkan dari situs penyedia domain.

Itulah pengertian domain dan subdomain, kalau kamu ingin menambahkan subdomain pada domain kamu maka kamu bisa mengaturnya sendiri.

Namun yang penting jangan membuat subdomain yang rumit karena nanti susah di ingat.

Dari domain atau subdomain sama-sama digunakan untuk membuat url situs kamu. Tidak ada perbedaan yang jauh dari keduanya.

Jadi sekarang tentu kamu sudah memahami domain dan subdomain setelah membaca postingan ini.
Dimas Yoga Maulana
Seorang yang selalu ingin berbagi pengetahuan

Postingan Terkait

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Terbaru Setiap Hari Via Email:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang dikirimkan ke email Anda!