Tutorial Blog Belajar SEO Akurat Pencarian Google Masukan Kata Kunci Di Sini


Hallo gaes apa kabar kalian? Ketemu lagi bersama saya di blog ngotakdikit.com. Kali ini saya akan membahas tutorial blog belajar seo akurat.

Buat kamu yang mau mempelajarinya baca tulisan ini sampai selesai ya.

SEO banyak di cari oleh orang yang membagikan konten atau artikelnya ke publik. Orang-orang ini berlomba menaikan kontennya dengan cara memasukan kata kunci yang dia pegang agar mudah ditemukan di mesin pencari.

Disini kita akan mempelajari tutorial seo blog dengan memasukan kata kunci. Bukan hanya menggunakan kata kunci saja, tapi kita juga akan menggunakan tool seo online gratis.

Tentunya cara ini merupakan cara yang cepat, sederhana dan untuk pemula pastinya.

Berikut adalah daftar topik yang akan kita pelajari bersama.

  1. Siapkan Kata Kunci
  2. Riset Kata Kunci
  3. Menggabungkan Kata Kunci

Siapkan Kata Kunci
Sebelum kamu menulis artikel untuk blog sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu mengenai kata kunci yang akan kamu gunakan sebagai judul postingan.

Kenapa harus memikirkan kata kunci terlebih dahulu? Karena agar nanti kamu bisa memasukan beberapa kata kunci dalam artikel kamu, tapi jangan sampai kebanyakan ya.

Jumlah kata kunci itu ada banyak sekali dan pastinya kata kunci seperti yang kita inginkan sudah banyak digunakan oleh situs-situs besar.

Tapi itu tidak masalah, kamu bisa menulis kata kunci kamu dalam sebuah file. Misalnya kamu memiliki kata kunci "Makan Nasi" maka tulis kata kunci tersebut dan jangan lupa untuk disimpan.

Kumpulkan kata kunci yang sudah kamu pikirkan. Simpan jadi satu dalam file atau kertas. Nantinya kata kunci tersebut akan kita cek satu persatu.

Riset Kata Kunci
Untuk melakukan riset kata kunci bisa menggunakan tool. Ada banyak macam tool riset kata kunci, namun disini kita akan menggunakan tool riset kata kunci gratis.

Apa nama toolnya? Nama toolnya adalah ubersuggest. Walau gratis, ubersuggest ini adalah tool riset kata kunci yang sangat akurat. Selain itu, mudah digunakan untuk pemula.

Oke, saya menganggap kamu sudah memiliki kumpulan kata kunci yang sudah kamu pikirkan seperti cara diatas.

Kemudian kamu masuk ke situs ubersuggest dan buka kata kunci yang sudah kamu simpan. Masukan kata kunci kamu ke ubersuggest dan pilih negara yang ditargetkan yaitu indonesia.

Untuk contoh cara memasukan kata kunci, misalnya kamu memiliki kata kunci "Makan Nasi" seperti diatas, maka kata kunci yang harus kamu masukan terlebih dahulu adalah kata "Makan" saja, setelah itu klik tombol search.


Kemudian akan tampil kata kunci yang disarankan dan terkait. Nanti dulu, kita akan mencari kata kunci di bagian ide konten.

Dibawah hasil kata kunci yang disarankan dan terkait, kamu akan melihat ide konten.

Tekan tombol view all content ideas dan kamu akan melihat ide konten yang memiliki banyak jumlah kata kunci.

Cari ide konten yang memiliki banyak kata kunci. Setelah itu klik bagian keyword yang akan menampilkan hasil kata kunci dengan volume pencarian tinggi dalam satu bulan.

Jangan lupa untuk mengeksport file csv tersebut.


Cari lagi ide konten yang memiliki keyword ratusan hingga ribuan dan jangan lupa untuk mengeksport file csv nya. Cari terus hingga benar-benar tidak ada lagi jumlah keyword dari ide konten.

Kata pertama dari kata kunci yang kamu miliki sudah berhasil dicari dan disimpan dalam file csv.

Sekarang kamu cari kata kedua yaitu "Nasi". Lakukan dengan cara yang sama seperti diatas. Jangan lupa untuk menyimpan file csv.


Kalau kata pertama dan kata kedua dari kata kunci kamu sudah dicari, maka sekarang kamu mencari kata kunci lengkap.

Contoh kata kunci diatas adalah "Makan Nasi", maka kamu bisa menuliskan kata tersebut di ubersuggest.

Masih melakukan hal yang sama, pilih ide konten dengan jumlah keyword terbanyak dan jangan lupa untuk mengeksport file csv.

Disini langkah pencarian kata kunci sudah selesai. Sekarang kamu memiliki banyak macam kata kunci dalam file csv yang sudah kamu export dari ubersuggest.

Menggabungkan Kata Kunci
Kamu sudah melihat kan banyaknya kata kunci dalam file csv yang kamu dapatkan dari ubersuggest?.

Untuk menjadikannya sebagai judul atau kata kunci yang banyak dicari, kamu tinggal menggabungkannya saja. Bagaimana cara menggabungkannya? Berikut caranya.

Kamu buka terlebih dahulu file csv yang berisi kata kunci dan di dalamnya kamu akan melihat banyaknya kata kunci dengan volume dan persaingan yang rendah sampai tinggi.

Untuk contoh dalam kata "Makan" saya mendapatkan file csv yang memiliki kata kunci "Cara Makan" yang memiliki volume pencarian 170. Kemudian untuk seo difficulty atau tingkat kesulitannya adalah 14.

Usahakan untuk mencari kata kunci yang memiliki seo difficulty dibawah 40, namun untuk volume kamu bisa memilih dengan angka hingga ribuan.

Kemudian kita simpan kata kunci "Cara Makan" dan selanjutnya kamu juga lakukan cara yang sama dengan kata kedua hingga kata kunci lengkap.

Perlu diketahui, jangan hanya mencari kata kunci yang terkait dengan topik kamu, tapi cari juga kata kunci yang sedikit berbeda dengan topik.

Nantinya agar bisa digunakan sebagai kata kunci tambahan di judul postingan kamu.

Nah, sekarang hasil dari penggabungan kata kunci tersebut saya mendapatkan "Cara Makan Nasi Suasana Pedesaan". Kata kunci tersebut memiliki jumlah volume dan seo difficulty yang lumayan banyak dari masing-masing kata.

Selanjutnya untuk bagian kata kunci yang disarankan atau terkait kamu bisa memilih kata kunci yang memiliki volume tinggi dengan seo difficulty yang rendah.

Kata kunci yang disarankan bisa kamu gunakan sebagai kata tambahan dalam judul postingan kamu.

Kalau kamu sudah mendapatkan hasil kata kunci yang sebenarnya, maka kamu bisa mulai menulis artikel blog kamu.

Kalau kata kunci kamu memiliki tingkat persaingan yang tinggi dengan situs-situs besar, maka kamu harus bersabar.

Tapi yang pasti, lama-lama judul postingan kamu akan mudah tampil ketika dicari.

Itulah beberapa langkah mudah seo blog. Kalau kamu belum paham, maka bisa membaca ulang dengan pelan-pelan, karena mempelajari seo pada awal itu memang sangat membingungkan.

Tapi tutorial ini adalah untuk pemula, yang pasti tidak terlalu rumit untuk dipelajari. Selamat mencoba.
Dimas Yoga Maulana
Seorang yang selalu ingin berbagi pengetahuan

Postingan Terkait

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Terbaru Setiap Hari Via Email:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang dikirimkan ke email Anda!