Belajar Flask Hello World

Belajar Flask Hello World

Selamat datang, berjumpa kembali bersama saya disini, blog ini akan memberikan tutorial tentang flask yang mana anda akan belajar membangun website dengan bahasa python dan framework flask dari awal.

Namun untuk postingan yang pertama akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai framework flask.

APA FRAMEWORK FLASK?

Framework flask adalah framework yang ringan saat dijalankan di berbagai macam perangkat komputer dan bukan itu saja namun flask juga bisa dijalankan pada perangkat smartphone.

Flask merupakan micro framework yang bisa digunakan untuk membuat website yang dinamis dan juga flask bisa digunakan untuk membuat website sederhana atau pun besar karena kita bisa mengolahnya sendiri sesuai kebutuhan kita.

Saya memilih framework flask karena flask cepat dalam pembuatan website dan juga dengan susunan folder flask yang bisa kita susun sendiri jadi kita bisa merapikan tata letak folder dan file sesuai keinginan kita.

INSTALLASI

Jika anda ingin menjalankan framework flask tentu anda harus melakukan installasi python dan flask terlebih dahulu.

Pertama anda harus menginstall python dan perlu diketahui bahwa python yang akan digunakan dalam tutorial ini adalah python versi 3++ tidak untuk kebawahnya dan anda bisa menginstall python dengan cara mengetik di terminal apt-get install python.

Setelah anda berhasil menginstall python maka selanjutnya untuk menginstall virtualenv dengan pip install virtualenv. Buat lingkungan virtualenv dengan mengetik virtualenv env.

Untuk mengaktifkan virtualenv bisa dengan mengetik source env/bin/activate dan untuk menonaktifkannya bisa dengan mengetik deactivate.

Setelah itu untuk menginstall framework flask bisa anda gunakan pip untuk installasinya, ketikan di terminal pip install flask dan tunggu installasi untuk beberapa saat.

HELLO WORLD
Pada bagian ini setelah melakukan installasi python dan flask anda bisa memulai menjalankan flask dengan menampilkan hello world pada browser anda.

namun dalam directory anda buatlah folder utama untuk menyimpan project flask yang akan kita buat, saya berinama folder utama itu sebagai flask.

$ mkdir flask

Kemudian dalam folder flask anda bisa melanjutkan untuk membuat file bernama app.py, file app.py akan digunakan sebagai server flask dan karena kita baru memulai flask dari awal maka untuk menampilkan HELLO WORLD juga menggunakan file app.py.

Setelah itu anda bisa mengisi script untuk file app.py sebagai berikut

from flask import Flask
app = Flask(__name__)
@app.route("/")
def index():
return "HELLO WORLD"
if __name__ == "__main__":
app.run(debug=True)

Pertama tentunya kita mengimport modul flask dan membuat module flask __name__ dan saat kita akan mengakses route maka kita bisa menggunakan app.route karena kita membuat modul flask bernama app.

kemudian setelah itu di bagian @app.route("/") kita menambahkan @ untuk memanggil modul flask yang sudah dibuat bernama app dan beri route untuk menghubungkan sebuah url dan urlnya adalah tanda slash ("/") yang berarti halaman index.

Setiap anda ingin menciptakan url maka anda bisa menggunakan fungsi route("/").

Berikanlah tanda slash pada string awal karena itu wajib untuk bisa membuat url namun ketika anda tidak memberi tanda slash di awal string maka url itu tidak bisa digunakan.

Kemudian script di atas menetapkan fungsi yang bernama index dan fungsi return yang berisi string HELLO WORLD, fungsi return akan menampilkan tulisan HELLO WORLD pada browser.

Baris terakhir pada if __name__ == "__main__": kita juga tahu itu berasal dari python dan itu karena file app.py tidak di import lagi ke file lain melainkan langsung dijalankan.

Pada fungsi app.run adalah untuk menjalankan modul app yang sudah kita buat di atas dan untuk (debug=True) adalah untuk melihat error yang terjadi pada browser.

Jika kita set (debug=False) maka kita tidak akan melihat error yang seharusnya tampil di browser dan perlu diketahui set (debug=False) ini akan digunakan ketika aplikasi kita tentu sudah jadi dan siap untuk di rilis.

Oke setelah itu sekarang anda jalankan flask menggunakan file app.py dengan cara mengetik python app.py.

Kemudian anda lihat di browser anda dengan alamat url localhost:5000 maka anda bisa melihat tulisan HELLO WORLD.

Setelah server flask berjalan pada terminal dan anda ingin menghentikanya maka anda bisa dengan mudah menghentikan server flask dengan CTRL + C.

Selesai untuk tutorial flask hello world yang pertama dan saya rasa anda semakin giat untuk mempelajari web developer.

Ikuti terus tutorial selanjutnya untuk bisa membangun website yang dinamis dan semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian dan terima kasih.
Dimas Yoga Maulana
Seorang yang selalu ingin berbagi pengetahuan

Postingan Terkait

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Terbaru Setiap Hari Via Email:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang dikirimkan ke email Anda!